Selasa, 27 Desember 2016

Janganlah Merasa Bangga Akan Amalmu

PERKARA YANG MEMBUKA LEBAR PINTU SETAN DAN TERTOLAKNYA DOA
=======================

Ada banyak lontaran pertanyaan yg nadanya spt ini :

"Akhi, saya sudah selalu shalat malam, selalu baca quran, selalu menjaga wudhu, shalat 5 waktu selalu di masjid, puasa dawud setiap hari, semua amalan sunnah dan wajib sudah saya istiqomahkan, ruqyah mandiri jg rutin TAPI KENAPA GANGGUANNYA masih tetap ada !?"

Saya benar2 memaklumi btapa gundahnya hati saudara kita tsb...

Namun... Hendaknya dia perhatikan hadits berikut :

قال رسول الله صلى الله عليه السلام لا يزال يستجاب للعبد ما لم يدع بإثم أو قطيعة رحيم و ما لم يستعجل،، قيل:يا رسول الله و ما هو الاستعجال..؟؟؟. قال: يقول: قد دعوت قد دعوت فلم أر يستجيب لى....

رواه مسلم رقم 4916

Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Seorang hamba akan tetap diijabahi (doanya) selama ia tidak berdoa dengan kejelekan dan tidak pula dengan keadaan memutuskan tali silaturahim serta tidak memintanya dgn terburu-buru.."

Para shahabat bertanya: "Wahai Rasulullah, apa yg dimaksud dgn terburu-buru..???"

"Yaitu saat seseorang berkata: aku sudah berdo'a !! Aku sudah berdo'a !!! Tp ko tdk pernah dikabulkan ya...!!??"

(HR.Muslim no.4916)

Selain terburu-buru, yg menjadi asupan energi setan lainnya adalah sifat MERASA sudah BANYAK beramal dan MERASA sudah istiqomah, sehingga menjadikan pintu setan semakin terbuka lebar untuk menguasai manusia lebih kuat...

Saya tak bosan2nya menyampaikan riwayat yg dikutip Ibnul Jauzi dalam kitabnya "Talbis Iblis" berikut :

روي القرشي بسنده ، عن عبد الرحمن بن زيادة رضي الله عنه قال : بينما موسي عليه السلام جالسا في بعض مجالسه، إذ أقبل إبليس و عليه برنس له يتلون فيه ألوانا ، فلما دنا منه خلع البرنس فوضعه..

Al-Qusyi meriwayatkan dengan sanadnya dari 'Abdurrahman bin Ziyad radhiyallahu 'anhu dia berkata,
"Tatkala Nabi Musa duduk pada salah satu majlisnya, tiba-tiba iblis datang menjumpainya dengan memakai baju luar yang panjang dan memakai tutup kepala yang penuh dengan warna-warni.
Ketika dia telah dekat dengan nabi Musa, dia melepaskan baju luarnya dan meletakkannya...

ثم أتاه و قال له :
السلام عليك يا موسي...!!!

Lalu dia mendatanginya seraya berkata kepadanya, "Assalaamu'alaika yaa Musa..."

فقال له موسي:
من أنت ؟

Nabi Musa menjawab,"Siapa kamu...???"

قال: أنا إبليس

Iblis: "aku adalah Iblis"
قال:
فلا حياك الله، ما جاء بك ؟!

Nabi Musa: "Semoga Allah membinasakanmu, mengapa kau datang kemari..?"

جئت لأسلم عليك لمنزلتك عند الله تعالى و مكانك منه

Iblis: "Aku datang karena hendak mengucapkan salam kesejahteraan kepadamu, karena kedudukanmu yang agung di sisi Allah.."

قال: فماالذي رأيته عليك ؟

Nabi Musa: "Benda apa yang kulihat di atas kepalamu...???"

قال: به أختطف قلوب العباد !!!

Iblis: "Dengan ini aku menerkam hati hamba-hamba Allah.."

قال: فما الذي صنفه الإنسان استحوذت عليه ؟!

Nabi Musa: "Perbuatan apa yang ketika manusia melakukannya,engkau dapat menjerumuskannya..?"

قال: إذا أعجبه نفسه و استكثر عمله و نسي ذنوبه

Iblis: "Apabila ia merasa BANGGA dengan dirinya sendiri, dan merasa AMAL SHALEHNYA TELAH BANYAK serta MELUPAKAN DOSA-DOSA-nya."

ثم انصرف و هو يقول: يا ويله !!!! يا ويله !!!! ياويله !!!! علم موسي ما يحذر به بني آدم !!!

Kemudian iblis pergi sambil berkata,''Celaka !!! Celaka !!! Celaka!!! Musa telah mengetahui apa yang harus diwaspadai oleh ummat manusia.'''

(Dikutip dari kitab Talbiis Iblis hal.30)

Yang terakhir yg ingin saya sampaikan adalah ibadah dlm "Al-Harf"....

Apa itu al-Harf ?
Silahkan simak kisah yg juga sudah sering saya sampaikan pada sahabat2 FB sekalian :

ﺍﺗﺼﻠﺖ ﻓﺘﺎﺓ ﺗﺮﻭﻱ ﻷﺣﺪ ﺍﻟﺸﻴﻮﺥ ﻋﻦﻣﺸﻜﻠﺘﻬﺎ

Seorang gadis menelpon kpd salah seorang syaikh utk menceritakan masalahnya..

ﻗﺎﻟﺖ ﻟﻪ :ﺃﻧﺎ ﺃﺣﺐ ﺇﺑﻦ ﻋﻤﻲ ﺟﺪﺍ ﻭﻣﻜﺜﺖ ﺃﺭﺑﻊﺳﻨﻮﺍﺕ ﺃﺻﻮﻡ ﻭﺃﺻﻠﻲ ﻭﺃﺟﺘﻬﺪ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓﻭﺃﺩﻋﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﺻﻼﺗﻲ ﺃﻥ ﻳﺄﺗﻲ ﻟﺨﻄﺒﺘﻲﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺳﻤﻌﺖ ﻣﻦ ﺃﺑﻲ ﺃﻧﻪ ﻗﺪ ﺧﻄﺐﻏﻴﺮﻱ
ﻓﺘﺮﻛﺖ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺼﻴﺎﻡ ﻭﻛﺮﻫﺖ ﺣﺎﻟﻲﻭﻭﺿﻌﻲ ﻭﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﺣﻮﻟﻲﻭﺃﺭﻳﺪﻙ ﻳﺎ ﺷﻴﺦ ﺃﻥ ﺗﻘﻮﻝ ﻟﻲ ﺣﻼ ﺃﻏﻴﺮ ﺑﻪﻧﻔﺴﻲ

Ia berkata: "Aku mencintai sepupuku, aku menunggunya selama 4 tahun, aku berpuasa, sholat, dan bersungguh-sungguh dalam beribadah..aku selalu berdo'a kpd Allah agar ia datang untuk melamarku..
Hingga suatu saat aku mendengar berita dari ayahku bahwasannya sepupuku telah melamar wanita lain...
Maka aku pun meninggalkan sholat, puasa, aku benci keadaanku dan orang2 di skitarku...
Aku ingin agar anda menasehatiku dgn suatu hal yg dengannya aku bisa merubah diriku ini..."

ﻓﺮﺩ ﻋﻠﻴﻬﺄ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺭﺩﺍ ﺻﻐﻴﺮﺍ ﻟﻜﻨﻪ ﻗﻮﻱﺍﻟﻤﻌﺎﻧﻲ

Syaikh menjawabnya dgn jawaban yg sederhana namun sangat dalam maknanya...

ﻗﺎﻝ ﻟﻬﺎ ﺍﻟﺸﻴﺦ :ﺇﻓﺘﺤﻲ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺤﺞ ﺳﺘﺠﺪﻳﻦﺣﻼ ﻟﻤﺸﻜﻠﺘﻚﺍﻵﻳﺔ ﺗﻘﻮﻝ "ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﻳﻌﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻰ ﺣﺮﻑ ﻓﺈﻥ ﺃﺻﺎﺑﻪ ﺧﻴﺮ ﺇﻃﻤﺄﻥ ﺑﻪ ﻭﺇﻥﺃﺻﺎﺑﺘﻪ ﻓﺘﻨﺔ ﺇﻧﻘﻠﺐ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻬﻪ ﺧﺴﺮ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎﻭﺍﻵﺧﺮﺓ ﺫﻟﻚ ﻫﻮ ﺍﻟﺨﺴﺮﺍﻥ ﺍﻟﻤﺒﻴﻦ "ﺻﺪﻕ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ

Syaikh berkata kepadanya:
Bukalah qur'anmu di surat al-Hajj, kamu akan menemukan ayat yg membahas ttg perkaramu ini, ayat itu berbunyi:
"Dan diantara manusia ada yg menyembah Allah dgn brada di tepian (tidak dlm keadaan yakin dan ikhlas), maka JIKA IA MEMPEROLEH KEBAJIKAN akan tetaplah ia dalam keadaan tsb, dan JIKA IA DITIMPA OLEH SUATU BENCANA, berbaliklah ia ke blakang (kmbali kafir lg), RUGILAH IA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT.. Yg demikian adalah kerugian yg amat nyata...

Kuncinya adalah dalam kata "al-Harf" td, apakah slama ini kita menyembah Allah dlm keraguan ataukah ikhlas untuk-Nya..???

Jka kita beribadah hanya karena ingin Allah mengabulkan keinginan kita, maka akan lunturlah semangat ibadah ktika menerima keputusan Allah yg di luar harapan kita,
namun jka kita beribadah dgn penuh keikhlasan kpada-Nya, akan ridholah hati ini dgn sgala keputusan yg telah ditentukan oleh-Nya...

Syaikh Mutawali asy-Sya'rawi berkata dalam kitab beliau "Ar-Ruqyah asy-Syar'iyyah" hal.16 :

ولا يرفع الحق قضاء في الخلق إلا أن يرضي خلق الله بما أنزل الله ، و الذي لا يقبل بالمصائب هو من تستمر معه المصائب

"Allah tidak akan mengangkat ketetapan pada seorang makhluk kecuali jika ia ridha dengan apa yg telah Allah turunkan kepadanya...
Dan barangsiapa TIDAK TERIMA dengan musibah yg menimpanya, maka dia adalah orang yg akan diteruskan musibahnya..."

Semoga Allah menolong kita utk selalu bersabar dan pandai bersyukur sehingga mendapatkan kebanggaan yg dibanggakan Allah di hadapan malaikat-Nya : "Wahai Malaikat-Ku ! Saksikanlah bahwa Aku telah mencintai fulan/ah.. Saksikanlah Aku telah mensucikan dan mengampuninya"

آمين آمين آمين يا أرحم الراحمين...

video microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF NOW

microsoft office word 2007 how to Save as PDF format. microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF Video's was published...