Selasa, 27 Desember 2016

Demam dan Menggigil

*Demam dan Menggigil*

*_Deman dan menggigil dalam bentuk luar_*

Demam menggigil dalam bentuk luar (kecuali keduanya berselang seling), adalah serangan pathogen luar (PPL). Ini adalah penting untuk membedakan menggigil atau demam atau keduanya. menggigil tidak hanya merasa dingin, tetapi juga tidak suka dingin. Pasien tidak suka pergi ke luar (lingkungan dingin), tidak suka angina, dan menggigil tidak dapat diatasi hanya dengan menutup selimut. Demam, dalam konteks ini, adalah sensasi subjektif panas daripada suhu tubuh sebenarnya.

Tahap awal dari penyakit luar adalah kondisi akut, seperti flu atau pilek biasa. Saat pasien tidak suka dingin dan menggigil, biasanya menunjukkan serangan PPL angin dingin atau angin panas. Pasien merasa dingin karena faktor pathogen menghambat sirkulasi qi pertahanan (wei qi), sehingga sirkulasi dan menghangatkan tubuh terganggu. Demam dan menggigil terjadi serentak pada tahap awal penyakit akut karena tubuh mencoba mengusir pathogen. Maksudnya wei qi berperang dengan qi jahat/penyakit.

_Angin dingin_

Gejala: menggigil, tidak suka dingin, mungkin demam(terutama tahap rendah), biasanya dengan nyeri tubuh, tidak berkeringat, sakit kepala.

Nadi: dangkal/mengambang dan ketat.

_Angin panas_

Gejala: terutama demam, sedikit tidak suka dingin, juga haus, sedikit atau banyak berkeringat.

Nadi : dangkal/mengambang dan cepat.

_Demam dan menggigil berselingan_

Ini adalah kondisi setengah luar-dalam, di mana PPL angin dingin atau angin panas sudah menembus ke tahap yang lebih dalam (shaoyang) di tubuh.

PPL umumnya terbagi atas dua paradigma :

· Enam tahapan (taiyang, shaoyang, yangming, taiyin, jueyin, shaoyin)

· Empat tingkat (wei, qi, ying, xue)

*_Demam dan menggigil dalam bentuk dalam_*

Panas dalam ekses biasanya muncul dengan demam tinggi tetap dan tidak suka panas, tetapi tidak menggigil. Gejala lain meliputi berkeringat banyak, haus dan nadi meluap.

Defisiensi panas dalam biasanya muncul dengan demam pasang surut (demam datang pada jam-jam tertentu, umumnya sore atau malam). Gejala lain meliputi keringat malam, panas lima telapak (panas atau keringat di telapak tangan, kaki dan dada) dan otot lidah merah.

. Menggigil tanpa demam biasanya menunjukkan dingin dalam dari defisiensi dingin.

· Jika menggigil diatasi dengan menutup selimut, akan ada gejala lain seperti kaki tangan dingin, denyut nadi lemah, lambat dan dalam.

· Suhu tubuh rendah terus menerus biasanya menunjukkan panas lembab.

· Demam di tengah malam. Orang dewasa : biasanya menunjukkan defisiensi Yin, khususnya bergabung dengan keringat malam. Anak-anak : retensi makanan.

video microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF NOW

microsoft office word 2007 how to Save as PDF format. microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF Video's was published...