Jumat, 07 Maret 2014

Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan

Jatuh Cinta berjuta rasanya :)
mungkin sepatah lirik dari sebuah lagu itu benar adanya karena dengan jatuh cinta ternyata bisa membantu kesehatan loh ..
jadi jangan takut jatuh cinta :3

Jatuh cinta adalah hal yang paling menyenangkan. Selain membuat terus tersenyum ternyata jatuh cinta punya banyak manfaat. Semakin sering merasakan perasaan cinta akan semakin baik bagi tubuh.
Dilansir dari berbagai sumber, jatuh cinta akan membuat tubuh bereaksi positif. Maka dengan jatuh cinta, energi positif akan keluar dari dalam tubuh dan membuat semakin sehat. Dan inilah 7 manfaat jatuh cinta bagi kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber :
Mengurangi depresi dan stress
Health and Human Services menyatakan bahwa cinta dan kasih sayang bisa mengurangi depresi baik bagi laki-laki maupun perempuan. Karena jatuh cinta memberi sinyal untuk meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Studi lain juga menyatakan bahwa memandang foto pasangan mampu meningkatkan kadar hormon dopamin dalam otak. Hormon tersebut berkaitan dengan rasa optimis. Sehingga dapat mengurangi kadar stress.
Menurunkan tekanan darah
Penelitian dari Annals of Behavioral Medicine menyatakan rasa cinta dari pasangan kekasih, keluarga serta orang sekitar memberikan energy positif yang mampu menurunkan tekanan darah. Karena rasa nyaman yang diberikan dapat mengontrol tekanan darah.
Menghindari rasa cemas
Hasil penelitian dari State University of New York yang menggunakan MRI fungsional untuk melihat otak orang yang sedang jatuh cinta, menyatakan bahwa saat jatuh cinta otak mengatur tubuh untuk merasa tenang. Jatuh cinta mempunyai efek menenangkan rasa cemas yang kadang berlebihan.
Mengatasi rasa sakit dan menyembuhkan luka
Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyatakan bahwa jatuh cinta bisa mengatasi rasa sakit secara alami. Saat jatuh cinta dan merasakan kasih sayang ternyata secara otomatis dapat mengaktifkan bagian otak yang berfungsi mengontrol rasa sakit. Dan bahkan semakin besar perasaan cinta yang ada maka semakin besar pula efeknya.
Rasa sakit bisa berangsur-angsur hilang. Bahkan kekuatan dari jatuh cinta membuat luka cepat sembuh. Hal ini berdasarkan penelitian dari Ohio State University Medical Center yang dipublikasikan dalam Archives of General Psychiatry.
Meningkatkan sistem imun
Hasil penelitian dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa perasaan cinta bisa membangun emosi positif yang memberikan dorongan terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga orang lebih jarang sakit. Efek sosial yang ditimbulkan dari jatuh cinta membuat sesorang rajin merawat kesehatan dan kebersihan tubuhnya sehingga terhindar dari penyakit.
Menurunkan berat badan
Ada lagi efek jatuh yang sangat berguna bagi wanita. Yap agar tidak susah-susah menjalani program diet, untuk menurunkan berat badan jatuh cinta saja. Karena
saat jatuh cinta, tubuh akan memproduksi norepinephrine secara terus-menerus. Senyawa membuat tidak nafsu untuk makan. Jadi jatuh cinta dapat mengontrol nafsu makan yang berlebihan.
Mencegah penuaan dini
Tersenyum dan banyak tertawa saat jatuh cinta bukan hanya membuat kerutan wajah bisa berkurang dan membuat cerah alami. Saat sedang jatuh cinta ternyata tubuh menghasilkan oxytocin. Zat ini dibutuhkan untuk melepaskan DHEA, hormon yang bertugas sebagai anti-penuaan dan meningkatkan peremajaan kulit serta sel-sel tubuh.

Cinta dapat membuat Anda hidup lebih lama
Pada awalnya, manusia telah bergantung pada satu sama lain untuk bertahan hidup. Sebagai makhluk sosial, kita semua memiliki keinginan biologis yang alami membuat kita ingin mencari ikatan intim dengan orang lain. Tidak menemukan koneksi tersebut dapat mengakibatkan stres dan faktor lainnya, yang dapat mempengaruhi usia Anda.
 
"Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sedang berada dalam hubungan cinta memiliki tingkat kematian lebih rendah daripada para lajang, bahkan orang-orang dengan gaya hidup sehat cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang tidak memiliki dukungan sosial dan masyarakat," kata Profesor Snyman.
 
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Brigham Young, menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai memiliki efek yang sangat positif pada kesehatan dan dapat mengurangi risiko kematian dini. Jatuh cinta juga menurunkan kemungkinan depresi.
 
Selain itu, studi ini juga menunjukkan bahwa orang seringkali akan merasa aman ketika mereka digabungkan (bersama). Misalnya, seseorang cenderung mengambil risiko hidup mereka dengan merokok, pesta minuman keras, balap liar, atau kebiasaan makan berbahaya jika orang yang dicintai bergantung pada mereka.


Cinta dapat membantu memerangi penyakit
Apa yang lebih baik daripada jatuh cinta satu sama lain dengan  pasangan Anda dan bonusnya adalah Anda bisa membantu memerangi penyakit mematikan dalam diri Anda? Penelitian telah menunjukkan bahwa jatuh cinta dapat membantu memerangi penyakit asma, arthritis, demam, hidung tersumbat dan bahkan sakit kepala.
 
"Sebuah sistem dukungan yang kuat dan romantis melindungi tubuh dari mengembangkan kortisol dalam tingkat tinggi  (kartisol merupakan salah satu jenis hormone). Dan jatuh cinta membantu melindungi Anda dari berbagai penyakit termasuk penyakit kardiovaskular seperti stroke, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung iskemik - tiga penyakit yang paling mematikan, "kata Profesor Snyman.
 
Cinta meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Memiliki cinta dalam hidup Anda mungkin akan menyelamatkan Anda dari penyakit flu. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa lima menit saja Anda mendapatkan rasa kasih sayang, akan  meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan, menyebabkan peningkatan bertahap dalam pelepasan antibodi immunoglobulin A (IgA), tubuh secara alami melawan pilek, flu dan kuman yang menyerang bagian tubuh Anda yang lainnya.
 
Cinta membantu Anda terlihat lebih muda
Bagian yang bersinar dari jatuh cinta itu bukan mitos. Banyak studi yang menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam hubungan bahagia secara fisik tampak lebih muda dari mereka yang tidak. "Dengan meningkatkan aliran darah ke kulit, jatuh cinta dapat meningkatkan pasokan nutrisi penting dan oksigen ke sel-sel kulit Anda, membuat Anda terlihat lebih sehat," jelas Profesor Snyman.
 
Cinta bisa membuat Anda langsing
Hal ini sangat umum bagi orang untuk menurunkan berat badan ketika mereka mulai berkencan dengan  seseorang. "Jatuh cinta menyebabkan tubuh Anda memompa keluar suatu neurotransmitter yang disebut adrenalin, yang bertindak sebagai penekan nafsu makan," kata Profesor Snyman.
 
"Karena semua adrenalin seperti naik kembali dalam diri Anda, Anda cenderung untuk tidak mengemil jenis makanan tertentu di malam hari atau merasa perlu makan jika Anda tidak benar-benar merasa lapar, dan ini membantu menghindari Anda dari berat badan ekstra. Juga, kemungkinan bahwa jatuh cinta akan membuat Anda termotivasi untuk berolahraga lebih banyak untuk melihat dan merasakan yang terbaik untuk pasangan Anda, "ia melanjutkan.
 
Cinta meningkatkan kesehatan mental Anda
Anda pasti tahu bahwa jatuh cinta membuat orang merasa gembira, tapi itu bukan hanya di kepala Anda. Orang-orang yang jatuh cinta secara umum mengalami peningkatan energi, yang membuat mereka bersemangat untuk menemukan petualangan baru dan hobi yang berbeda.
 
"Mencintai dan dicintai membantu memvaksinasi diri Anda terhadap kecemasan. Ketika Anda sedang jatuh cinta, otak Anda menghasilkan zat kimia yang disebut dopamin, sebuah stimulan yang membuat Anda merasa baik dan bertanggung jawab untuk perasaan kebahagiaan, optimisme dan kesabaran, "kata Profesor Snyman.
 
Cinta meningkatkan kepercayaan diri
Orang-orang dalam hubungan yang sehat cenderung lebih percaya diri dalam semua bidang kehidupan mereka. Mereka percaya diri karena merasa ada orang yang selalu mendukung mereka dan senantiasa berada di samping mereka dan itu secara otomatis menaikkan rasa percaya diri mereka.
Wah, banyak sekali manfaat jatuh cinta! Jadi, tak ada salahnya merasakan perasaan jatuh cinta setiap hari ya terhadap pasangan ataupun orang sekitar.

video microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF NOW

microsoft office word 2007 how to Save as PDF format. microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF Video's was published...