Selasa, 03 Desember 2013

Perintah - Perintah Dasar Pada Microsoft Office Excel 2007 untuk Pemula

    Untuk mengoperasikan Microsof Excel, software ini telah menyediakan banyak sekali fasilitas berupa perintah perintah. Perintah perintah tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsinya secara umum yang biasa kita sebut dengan Menu atauTab (pada excel 2007).
    Selanjutnya guna memudahkan pengguna, perintah perintah tersebut ditampilkan berdasarkan kelompok perintah untuk keperluan tertentu. Baris perintah ini biasa juga disebut dengan Toolbar atau Group (excel 2007). Misalnya toolbar Formating, berisi perintah perintah untuk keperluan memformat tex atau angka.

    Sebagian besar dari perintah perintah tersebut ditampilkan dalam bentuk lambang atau icon, dengan demikian anda tinggal klik icon nya dan perintah lansung di jalankan atau di eksekusi sehingga sangat membantu dalam kecepatan pengoperasian software.
    Tidak semua perintah ditampilkan di buku kerja, namun perintah perintah yang tersembunyi dengan mudah dapat ditampilkan jika anda butuhkan atau disembunyikan kembali.
    Berikut adalah perintah-perintah yang sering digunakan :
  • Office Button: Button ini menggantikan fungsi menu File pada versi sebelumnya. Klik button ini untuk menampilkan perintah-perintah dasar, seperti open, save, print dan juga Excel Options. Pada menu Excel Options, Anda dapat melakukan pengaturan seperti jumlah lembar kerja kosong yang ingin ditampilkan setiap kali membuka Excel yang biasanya terdapat di Options pada menu Tools.
  • Quick Access Toolbar: Berisi perintah-perintah yang sering digunakan, seperti Save, Undo, Redo, Open, dan sebagainya. Anda dapat menambah perintah dengan mengklik tanda panah di sampingnya atau klik kanan perintah yang ingin Anda taruh dan pilih Add to Quick Access Toolbar.
  • Ribbon: Terdiri dari tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View yang memiliki Groups masing-masing, seperti pada tab Home berupa Font, Alignment, Number dan sebagainya.
  • Dialog Box Launcher: Tanda panah kecil pada sudut kanan bawah setiap Group ini menunjukkan pilihan-pilihan lain yang tersedia pada group tersebut. Klik tanda panah ini untuk memunculkan sebuah kotak dialog atau task pane.


  • Klik tombol Zoom Out untuk memperkecil tampilan atau Zoom Inuntuk memperbesar tampilan. Anda juga dapat menarik Zoom Slideruntuk memperbesar atau memperkecil tampilan.
  • View Buttons terdiri dari tombol Normal, Page Layout dan Page Break Preview. Page Layout view (lihat gambar di bawah) merupakan fitur baru pada Excel 2007. Pada view ini terdapat margins dan rulers yang dapat Anda atur posisi marginnya. Anda juga dapat dengan mudah membuat header dan footer pada view ini. Saat Anda mengetik di bagian ini, tab Design Header & Footer Tools akan ditampilkan padaRibbon.

    Tip: Anda juga dapat membuat header dan footer dengan mengklik tabInsert dan pada grup Text klik Header & Footer.
  • Page Layout View - Excel 2007
    Add caption

Menggunakan Keyboard
  • Shortcuts yang dimulai dengan CTRL (seperti CTRL+C untuk menyalin) masih sama dengan versi Excel sebelumnya. Kecuali untuk shortcuts yang dimulai dengan ALT terdapat perubahan.
  • Pada Office 2007, Anda diberi kemudahan dengan adanya petunjuk (Key Tips) yang ditampilkan di layar saat Anda menekan tombol ALT, sehingga Anda tidak perlu menghapal shortcuts. Tekan tombol ALTuntuk memunculkan Key Tip dan untuk menghilangkannya, tekan tombol ALT sekali lagi.

Menyimpan Dokumen
  • Pada Excel 2007, Anda dapat membuka dokumen yang dibuat pada versi sebelumnya (Excel 95 - Excel 2003).
  • Saat Anda membuat dokumen pada Excel 2007 dan menyimpannya dengan format versi sebelumnya, maka Compatibility Mode akan aktif dimana fitur-fitur pada Excel 2007 yang tidak sesuai dengan versi sebelumnya tidak dapat digunakan.
    Contoh: jika lembar kerja pada Excel 2007 memiliki lebih dari 100.000 baris data maka akan diberitahukan bahwa baris di luar jumlah 65.636 akan dikeluarkan. Dengan begitu Anda dapat memindahkan baris-baris tersebut ke lembar kerja yang baru.
  • Anda juga dapat melakukan Compatibility Checker secara manual dengan cara berikut: klik Office Button Microsoft Office Button, pilih Prepare dan klikRun Compatibility Checker.
  • Dokumen yang disimpan dengan format Excel 2007, tidak dapat dibuka pada Excel versi sebelumnya. Sebaiknya Anda menyimpan dokumen pada format Excel 97-2003 Workbook juga, sebagai cadangan jika komputer lain yang akan membuka dokumen ini belum memiliki Office 2007.


Selamat Mencoba (y)

video microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF NOW

microsoft office word 2007 how to Save as PDF format. microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF Video's was published...