Kamis, 07 Agustus 2014

Kesalahpahaman antara orang jawa dan orang sunda - NO SARA

ada pengalaman yang unik ketika admin kuliah di daerah bandung yang disana masyarakatnya mayoritas adalah orang sunda, suatu ketika ada dosen yang menantang mahasiswa dengan memberikan pertanyaan dimana jika terjawab dosen tersebut akan memberikan uang 100rb dari koceknya sendiri pertanyaannya adalah sebagai berikut  "beritahu saya jalan gajah mada no 08 di kota bandung ???". Semua mahasiswa terdiam dan mulai berpikir "dimana jalan itu lumayan kan cepe buat mejeng di BIP :) " karena admin bukan asli bandung (cirebon.red) dan tidak hafal dengan jalan d bandung otomatis ya diam saja :( dan akhirnya memang tidak ada jalan tersebut di kota bandung dan hal yang membuat lucunya ternyata admin baru tahu kalau memang ada selisih paham antara orang sunda dan orang jawa


ceritanya gini
Pernahkah anda mendengar bahwa orang Sunda dilarang menikah dengan orang Jawa atau sebaliknya? Ternyata hal itu hingga ini masih dipercaya oleh sebagian masyarakat kita.Kenapa di jawa barat tidak ada jalan yang bernama gajah mada atau hayam wuruk??Kenapa orang sunda selalu berkata sunda itu bukan jawa??padahal sama-sama berada di pulau jawa. Padahal orang-orang jawa tengah, jawa timur, yogyakarta, dan pulau madura mengaku orang jawa. Apa karena permusuhan antara kerajaan Pajajaran dan Majapahit ratusan tahun yg lalu masih berbekas di pikiran orang-orang sunda dan orang jawa jaman sekarang??. Lalu apa sebabnya?

Dikutip dari berbagai sumber, permusuhan historis Sunda-Majapahit berawal dari peristiwa Perang Bubat di Jaman Majapahit. Dikisahkan peristiwa Perang Bubat diawali dari niat Prabu Hayam Wuruk yang ingin memperistri putri Dyah Pitaloka Citraresmi dari Negeri Sunda.

Selain ketertarikan sang raja, pernikahan juga untuk mempererat tali persaudaraan yang telah lama putus antara Majapahit dan Sunda. Padahal, Raden Wijaya, pendiri Majapahit yang masih keturunan Sunda. Maka disepakati, pernikahan digelar di Majapahit.

Melihat Raja Sunda datang ke Bubat beserta permaisuri dan putri Dyah Pitaloka dengan diiringi sedikit prajurit, maka timbul niat lain dari Mahapatih Gajah Mada yaitu untuk menguasai Kerajaan Sunda, sebab untuk memenuhi Sumpah Palapa yang dibuatnya tersebut, maka dari seluruh kerajaan di Nusantara yang sudah ditaklukkan hanya kerajaan sundalah yang belum dikuasai Majapahit.

Gajah Mada menganggap bahwa kedatangan rombongan Sunda di Pesanggrahan Bubat sebagai bentuk penyerahan diri Kerajaan Sunda kepada Majapahit.

Gadjah Mada lantas mendesak Hayam Wuruk untuk menerima Dyah Pitaloka bukan sebagai pengantin, tetapi sebagai tanda takluk Negeri Sunda dan mengakui superioritas Majapahit atas Sunda di Nusantara. Hayam Wuruk sendiri menurut Kidung Sundayana disebutkan bimbang atas permasalah tersebut, karena Gajah Mada adalah Mahapatih yang diandalkan Majapahit pada saat itu.

Gajah Mada lalu mengerahkan pasukannya, Bhayangkara, ke Pesanggrahan Bubat, lokasi rombongan calon pengantin putri dan mengancam Linggabuana untuk mengakui superioritas Majapahit.

Demi mempertahankan kehormatan sebagai ksatria Sunda, Linggabuana menolak tekanan itu. Terjadilah peperangan yang tidak seimbang antara Gajah Mada dengan pasukannya yang berjumlah besar, melawan Linggabuana dengan pasukan pengawal kerajaan (Balamati) yang berjumlah kecil serta para pejabat dan menteri kerajaan yang ikut dalam kunjungan itu. Peristiwa itu berakhir dengan gugurnya Linggabuana, para menteri dan pejabat kerajaan Sunda, serta putri Dyah Pitaloka.

Akibat peristiwa itu, hubungan Hayam Wuruk dan Gadjah Mada merenggang. Tak hanya itu, hubungan kultural dua kebudayaan pun tak lagi harmonis. Dalam masyarakat Sunda berkembang larangan menikah dengan orang timur Sunda, khususnya Majapahit.

Trauma historis itu terus berlanjut, turun temurun, sampai saat ini.

Kenapa??

hmm pantas aja admin berpikir dari pengalaman klo pacaran sama orang sunda itu ko kaya yang selalu ribut ya padahal admin sendiri adalah perpaduan dari darah ayah yg orang sunda dan ibu yang orang jawa, walau sebenernya admin lebih suka sama orang sunda karena jelas cantik dari sononya, beda sama orang jawa yg rata-rata manis :P makanya admin nyari orang sunda yg manis dan orang jawa yg cantik hahahaha

video microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF NOW

microsoft office word 2007 how to Save as PDF format. microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF Video's was published...